Berawal Dari Niat

Jumat, 10 Desember 2010
                                                        بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Niat merupakan awal dari setiap hal yang akan dijalankan oleh seseorang. Tidak ada satu perkara pun yang dikerjakan oleh seseorang yang tidak disertai dengan niat. Niat juga bukan sekedar ucapan di mulut saja, tetapi lebih dari itu niat ini berasal dari hati setiap orang yang akan mengerjakan suatu hal.

Niat ini juga akan menjadi penentu baik-buruknya atau sukses-tidaknya setiap perkara yang dikerjakan oleh seseorang. Baik itu yang berhubungan dengan ibadah, pekerjaan, bahkan dalam belajar sekalipun. Seseorang dalam beribadah jika niatnya benar, ikhlas karena Allah, Insya Allah ibadahnya pun akan menjadi benar dan diterima oleh Allah. Tetapi jika niatnya tidak benar, maka ibadahnya pun akan menjadi sia-sia dan tidak akan mendapatkan pahala apapun dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Demikian pula dalam bekerja atau belajar, jika niat bekerja benar-benar ingin mendapatkan hasil terbaik, maka ia akan memperoleh hasil yang maksimal juga. Tapi jika dia bekerja asal-asalan maka hasil pekerjaannya pun akan acak-acakan, bahkan bisa jadi ia akan mengecewakan orang lain atau menyusahkan teman kerjanya sendiri. Sama halnya dalam belajar, jika niatnya benar-benar ingin mendapatkan ilmu, maka ia akan menjadi bersemangat dan bersungguh-sungguh dalam belajar sehingga hasil belajarnya pun akan memuaskan dan menjadi anak yang pandai. Berbeda jika niat belajarnya tidak benar, hanya agar punya teman yang banyak, atau untuk memperoleh gelar misalnya. Maka hasilnya pun tidak akan maksimal. Bahkan tidak jarang kita dapati seorang teman yang merasa BT ketika di sekolah, semua ini disebabkan karena niatnya dalam belajar belumlah benar. Kalau dia sudah memiliki niat dengan benar dalam belajar, maka dia akan merasa senang dengan pelajaran yang dia dapatkan dan bersungguh-sungguh dalam belajar.

"Sesungguhnya setiap amal itu tergantung pada niatnya. Dan setiap orang akan memperoleh sesuai dengan apa yang dia niatkan." (Bukhari dan Muslim)


Sumber :  http://mediagema.multiply.com/journal/item/4

0 komentar:

Posting Komentar