Hati - Hati Menjaga Hati

Rabu, 01 Desember 2010
Bismillah...
Sesuatu yang paling mulia dalam diri manusia adalah hatinya. Peran hati terhadap anggota badan ibarat raja terhadap para prajuritnya. Semua bekerja atas dasar perintahnya dan tunduk kepadanya. Pada suatu hari nanti, hati akan ditanya tentang para prajuritnya. Sebab setiap pemimpin itu pasti akan ditanya atas apa yang dipimpinnya.

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa salam bersabda:
“Ketahuilah, di dalam tubuh itu ada segumpal daging. Bila ia baik, baik pulalah seluruh tubuh. Dan apabila ia rusak, rusak pulalah seluruh tubuh. Ketahuilah, itu adalah hati.” (Riwayat Bukhari dan Muslim)

Abu Hurairah berkata, “Hati adalah raja anggota tubuh. Dan anggota tubuh adalah para prajuritnya. Apabila raja baik, maka baik pula para prajuritnya. Dan apabila raja busuk, maka busuk pula para prajuritnya.”

Abdullah bin Mubarak berkata:
Kulihat dosa-dosa itu mematikan hati
Membinasakannya mengakibatkan kehinaan
Meninggalkan dosa adalah kehidupan bagi hati
Selalu menjauhinya adalah yang terbaik bagi anda

Hati adalah raja bagi seluruh tubuh kita, jika raja itu baik maka prajuritnya pun akan mentaatinya dan berbuat baik juga. Tetapi kalau raja itu busuk, maka prajuritnya akan ikut rusak dan busuk pula.

Hati ibarat sebuah benteng pertahanan yang harus senantiasa dijaga agar tidak diserang dan dimasuki oleh musuh. Jika benteng telah hancur, maka hancur pula pertahanan seseorang. Akibatnya seluruh jiwanya akan dikuasai oleh hawa nafsu yang akan merusak setiap amalnya.

Bila hati telah bersinar, maka seluruh kebaikan dari segala penjuru akan masuk kedalamnya. Sebaliknya bila hati telah gelap, maka berbagai keburukan dan bencana akan masuk kedalamnya dari berbagai penjuru.

Oleh karena itu HATI-HATILAH JAGA HATI.


 Sumber: http://mediagema.multiply.com/journal/item/44

0 komentar:

Posting Komentar