Sekilas Tentang Nasyid

Senin, 13 Desember 2010
Nasyid berasal dari bahasa Arab, ansyada-yunsyidu, artinya “bersenandung”. Definisi nasyid sebagai format kesenian adalah senandung yang berisi syair-syair keagamaan. Tapi, ada banyak versi mengenai pengertian nasyid itu sendiri.Misalnya dari sebuah artikel disebutkan bahwa arti nasyid atau anasyid(jamak) adalah “lantunan” atau “bacaan”, sementara istilah nyanyian dalam bahasa arab adalah Al-Ghina, bukan nasyid.

Orang yang menyanyikan nasyid biasanya disebut munsyid, sedangkan arti munsyid adalah orang yang melantunkan atau membacakan syair. Nasyid tidak hanya sekedar lagu, tapi juga memiliki nilai spiritual yang tinggi baik dari segi syairnya maupun munsyid-nya.Syair atau lirik nasyid harus memiliki pesan rohani atau pesan islami yang kuat. Bagi munsyid, nasyid merupakan salah satu sarana dalam berdakwah. Oleh karena itu, seorang munsyid harus memahami falsafah berdakwah dalam nasyid,yaitu menyampaikan pesan dalam nasyid agar tersampaikan kepada pendengarnya. 

Nasyid dapat disaksikan dalam berbagai style atau gaya penyampaian, misalnya nasyid yang dibawakan dengan cara acapella yang berirama pop; nasyid yang dibawakan dengan cara acapella dan musik yang minimalis (drum saja) dan berirama mars dengan karakter semangat dan menyeru; nasyid yang dibawakan dengan perkusi dan kebanyakan berisi puji pujian, nasyid yang dibawakan dengan alat musik lengkap. Di Indonesia, biasanya nasyid dinyanyikan secara akapela atau hanya dengan diiringi gendang. Metode ini muncul karena banyak ulama Islam yang melarang penggunaan alat musik kecuali alat musik perkusi. Sekarang ini sudahbanyak kelompok nasyid Indonesia yang tetap eksis, di antaranya nasyid Snada, Justice voice, Gradasi, Suara Persaudaraan, Izatul Islam, Asyabab, Harmoni Voice, Sam Abdullah,Bijak, dan lain-lain.

MAJU NASYID INDONESIA


Justice Voice
 
 
Sumber : http://rezamahaputra34.blogspot.com/2010/10/sekilas-mengenai-nasyid.html

0 komentar:

Posting Komentar